1. Carilah 5 buah perusahaan yang sudah menerapkan E-Commerce!
a. PT.Telkom Indonesia
b. Gojek
c. Grab Car.
d. Lazada
e. Amazone
2. Sebutkan masing-masing kekuatan-kelemahan, dan peluang-ancaman yang dihadapi perusahaan tersebut dalam penerapan E-Commerce!
a. PT. Telkom Indonesia
kekuatan : dapat menyebarkan jaringan penjualan hingga kepelosok negeri sehingga memperluas target konsumen
kelemahan : diperlukannya akses internet yang bagus demi meyakinkan masyarakat tentang produk yang dijual.
peluang : dapat mencapai segmentasi pasar yang luas dan tidak terbatas
ancaman : adanya provider lain yang mampu menyaingi kecepatan internet yang ditawarkan oleh PT.Telkom
b. Gojek dan Grab Car
kekuatan : dapat mencapai pasar yang luas dan tepat sasaran.
Kelemahan: belum adanya undang-undang yang melindungi dan mengilegalkan usaha ini sehingga terjadi banyak konflik dengan sesama penyedia transportasi
peluang : mengetahui konsumen yang akan dituju dan yang membutuhkan secara tepat sasaran, dan dapat diakses dengan mudah, murah dan nyaman menjadi salah satu peluang untuk mendapatkan konsumen lebih banyak.
ancaman: terjadinya iri dan konflik dengan penyedia jasa transportasi lainnya yang mengakibatkan demo dan mogok masal.
c. Amazone dan Lazada
kekuatan: mencapai pasar masyarakat di seluruh dunia sehingga dapat menguntungkan penyedia jasa belanja online
kelemahan: adanya rasa tidak percaya konsumen mengenai terjamin atau tidaknya barang yang dibeli sampai ditujuan atau mutu dari barang yang akan dibeli
peluang : karena masyarakat yang dituju juga sampai di seluruh dunia maka peluang untuk menjual produknya pun semakin besar dan tentunya berpengaruh pada benefit
ancaman : adanya pesaing yang bisa memberikan harga lebih murah dan lebih di percaya konsumen.
Priscilla Nicoletta Lianoto
13110111101
MAN/6
www.undhirabali.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar